Search

4 TRIK SEDERHANA MENGELOLA UANG TANPA RIBET

Updated: 5 days ago


mengelola keuangan
Source: pexels.com

Asik, bulan baru datang lagi, nih! Udah pada terima gaji belum? Udah pada tahu dong ya uangnya mau dipake buat apa?


Eits, sebelum kamu membelanjakan uangmu, ada baiknya nih kamu tahu 4 trik mengelola keuangan berikut agar gajimu nggak cepat habis.



1. ALIHKAN KE REKENING KHUSUS

mengelola keuangan
Source: pexels.com

Agar uangmu tidak cepat habis begitu aja, ada baiknya kamu memisahkan rekening yang kamu gunakan untuk transaksi. Buatlah rekening lain yang khusus kamu gunakan untuk menyimpan uangmu. Hal ini penting, agar nantinya uang yang kamu tabung nggak gampang ke ambil.


Ketika kamu menerima gaji di bulan baru, kamu bisa menggunakan metode 50 : 30 : 20 ala Elizabeth Waren. Yaitu, mengalokasikan gajimu sebesar 50% untuk kebutuhan atau pengeluaran pasti (seperti makanan, transportasi, listrik, dan lainnya), 30% untuk pengeluaran sekunder, dan 20% untuk di tabung. Atau kamu juga bisa menggunakan metode lainnya seperti prinsip pareto 80/20. Yaitu, menggunakan 80% dari gajimu untuk pengeluaran (apapun bentuknya) selama satu bulan sedang 20% nya digunakan untuk tabungan atau investasi.


Ada baiknya untuk menabung 20% uangmu di 2 hari pertama saat kamu menerima gaji pada rekening khusus tadi. Tujuannya, agar uang yang akan ditabung nggak kepake buat hal-hal lainnya.



2. SEGERA BAYAR CICILAN DAN TAGIHAN

mengelola keuangan
Source: pexels.com

Setelah memisahkan rekening dan menabungkan 20% uangmu, trik selanjutnya adalah segera membayar hutang, cicilan, maupun tagihanmu. Misalnya, jika kamu memiliki tagihan telepon, internet, listrik, atau lainnya, bayarlah tagihan-tagihan tersebut terlebih dahulu. Selain membantumu untuk menghindari “telat bayar” dan “pemutusan listrik/internet”, hal ini juga membantumu dalam memprioritaskan pengeluaran. Jadi, uangmu nggak keburu habis untuk konsumsi harian.



3. GUNAKAN CELENGAN

mengelola keuangan
Source: pexels.com

Tahu dong, istilah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit? Nah, dalam mengelola keuangan kamu bisa lho gunain istilah ini. Maksudnya gimana, tuh?


Kamu bisa menggunakan celengan untuk mengumpulkan uang kembalian dari belanja dan transportasi. Celengannya nggak harus bagus, kok! Silahkan gunakan barang apapun yang nyaman kamu gunakan untuk menyimpan uang-uang kembalianmu. Misalnya, kamu bisa menggunakan toples, amplop, bahkan kaleng khong guan. Tapi ingat, pastikan tempat penyimpanannya aman dari apapun yang dapat merusak uang dan taruhlah di tempat yang gampang untuk kamu ingat.


Uang kembalianmu yang sedikit-sedikit, kalau kamu rajin menyimpannya, lama-lama bisa jadi banyak, lho!



4. LACAK PENGELUARANMU DENGAN APLIKASI FINKU

Mengelola keuangan

Mengelola keuangan

Buatmu yang nggak ada waktu untuk nyatat setiap pengeluaranmu satu-satu atau nggak begitu ngerti gimana cara make microsoft excel, kamu bisa gunain aplikasi Finku!


Finku adalah aplikasi cerdas yang bisa bantuin kamu mengelola keuangan dan ngelacak semua transaksi di rekening kamu. Nggak hanya itu, Finku juga bisa menganalisis serta memberikan saran dan masukan terkait pengeluaran kamu, lho! Kamu juga bisa dapetin informasi promo ter-update dari merchant yang kamu suka!


Eits, untuk kamu yang berinvestasi, Finku juga bisa lho memberikan informasi seputar perkembangan total aset investasimu.


Kalau kamu udah tahu 4 trik ini, mengelola keuangan ternyata nggak seribet itu, kan?



Baca juga: 8 Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan. Manakah Tipemu?


18 views0 comments