Search

6 Langkah Mengelola Keuangan Pribadi Secara Mindful

Updated: Jun 2


Mengelola keuangan pribadi
Source: unsplash.com

Ngomongin tentang uang itu penting dan perlu banget terutama kalau kamu mau memperbaiki situasi finansialmu. Kalau kamu masih bertanya-tanya apa hubungannya mindfulness sama uang: jawabannya banyak banget. Teknik mindfulness dari Barat sebenernya dipake dalam berbagai cara sebagai strategi yang efektif buat nyampai tujuan.


Kok bisa? Well, mindfulness sendiri ngajarin kita buat bener-bener hadir, penuh perhatian, dan sadar akan lingkungan internal dan eksternal kita tanpa menghakimi siapapun atau terlalu kritis.


Seberapa penting, sih? Bener-bener hadir bikin kamu jadi “stay in the moment” dan bikin keputusan buat nyampai tujuan pribadi dan profesional. Udah gitu, teknik mindfulness di desain buat bantu kamu sukses di kehidupan pribadi dan profesional karena ngebantu buat dapetin kejernihan mental dan perspektif yang lebih luas tentang kehidupan. Jadi kalau kamu mikir mindfulness cuma tentang latihan meditasi atau pernapasan, sebenernya salah sih.


Yuk, simak 6 langkah mengelola keuangan pribadi secara mindful:



Pahami Hubungan Pribadimu Sama Uang

Banyak yang bilang kalau hubunganmu mencerminkan jati dirimu. Hubunganmu sama orang lain, mau itu keluarga atau temen dan cara kamu memperlakukan, ngeliat, dan berpikir tentang uang mencerminkan dirimu.



Tetapin Tujuan Keuanganmu


Punya tujuan di pikiranmu aja nggak cukup buat sukses. Kamu harus punya rencana yang efektif dan terapin kebiasaan yang sehat yang bakal ngebantu kamu buat nyampai dan mertahanin tujuanmu.



Siapin Budget yang Realistis


Punya rencana pengeluaran yang efektif adalah kunci di balik kesuksesan finansialmu karena kamu bisa ngehitung pendapatan bulananmu, nentuin pengeluaranmu, ngebagi pengeluaran ke dalam kategori yang berbeda, ngehindarin kebiasaan belanja yang buruk atau bahkan hutang.



Beralih ke Mode “Pengeluaran Mindful


Pengeluaran yang mindful itu artinya kamu punya kontrol atas pengeluaranmu dan membeli barang secara rasional. We all know kalau iklan sedikit banyak memanipulasi pilihan pembelian dan kebiasaan belanja kita dan ngedorong kita buat ngabisin uang kita tanpa berpikir. Cara paling mudah buat ngehindarin itu dengan ambil napas yang dalam, pikirin kalau kamu emang bener-bener butuh produk atau jasa yang mau kamu beli dan pikirin apakah dengan beli bisa bikin hidup kamu lebih gampang dan nyaman. Terus tanyain deh sama diri sendiri kalau kamu emang bener-bener pengen beli. Kendaliin dirimu.


Mulai Nabung


Kita harus inget kalau hidup ini nggak bisa diprediksi dan kejadian yang nggak terduga bisa terjadi mau kita suka atau engga. Tentunya kamu nggak bisa bersiap-siap buat masalah hipotetis apa pun tetapi kamu bisa buat cadangan dana darurat dan nyiapin diri kamu buat keadaan darurat seperti biaya medis, perbaikan mobil, perbaikan rumah, tagihan atau pajak.



Gunain Aplikasi Finansial

Punya kesulitan dalam ngatur keuangan pribadimu? Finku bakalan jadi sahabatmu dalam situasi ini. Lewat aplikasi Finku, kamu bisa nyusun tujuan keuangan pribadimu, dan wawasan yang Finku punya bisa ngebantu buat nyampai tujuan tersebut. Yuk, daftarin email kamu di situs web Finku buat dapetin akses ke aplikasi pengujian beta Finku di https://finku.id/!


Gimana, udah sampe tahap mana nih kamu dalam mengelola keuangan pribadimu?


19 views0 comments