Search

Keuanganmu adalah Rata-rata dari 5 Teman yang Paling Banyak Menghabiskan Waktu Bersamamu


Photo by Timon Studler on Unsplash


Pengusaha dan pembicara motivasi terkenal Jim Rohn pernah ngomong, “Kamu adalah rata-rata dari lima orang yang paling banyak menghabiskan waktu sama kamu.” Ternyata, orang-orang yang paling banyak habisin waktu sama kamu ngebentuk siapa kamu. Mereka nentuin percakapan apa yang bakal mendominasi. Mereka mempengaruhi sikap dan perlakuanmu. Akhirnya, kamu mulai berpikir sebagaimana mereka berpikir dan berperilaku sebagaimana mereka berperilaku.


Sebagaimana Darren Hardy pernah nulis di buku The Compound Effect:

“Menurut penelitian oleh psikolog sosial Dr. David McClelland dari Harvard, orang-orang yang bergaul sama kamu nentuin sebanyak 95 persen dari kesuksesan atau kegagalan dalam hidupmu.” Wow, ternyata seberpengaruh itu, ya.


Baca Juga: KENALAN DENGAN FINTECH, YUK!


Pentingnya Ningkatin Keuanganmu Bareng Temen-temenmu

Bicara soal uang, ada baiknya kamu bicarain keuanganmu sama temen-temen terdekatmu karena bisa jadi keuanganmu malah jadi meningkat dan bertambah baik.


Akan tetapi, kamu harus pinter-pinter memilih temen yang nggak memilih buat memfilter komentar mereka terkait keuanganmu hanya buat ngejaga hubungan kalian. Sebaliknya, kamu butuh temen-temen yang malah berani ngasih nasihat yang butuh kamu dengar kalau dirasa ada yang kurang dari keuanganmu.


Belajar tentang keuangan dari temen-temenmu atau orang-orang yang berpenampilan dan berbicara sepertimu daripada para ahli keuangan punya banyak manfaat. Punya orang yang bisa ngasih tau kamu istilah-istilah finansial dalam bahasa yang jauh lebih sederhana daripada yang ada di buku-buku atau website. Apalagi, kalau ngobrolnya sama orang-orang yang udah satu atau dua langkah di depanmu dalam hal finansial. Bakalan ngebantu banget, tuh. Ditambah, kalau mereka sering-sering check-in kehidupan finansialmu saat dibutuhin.


Tantangan Tabungan Kompetitif Bareng Temen-temen

Kalau kamu tipe orang yang kompetitif dan suka bersaing, boleh banget, nih, mulai tantangan tabungan dengan lawan temen deket kamu sendiri. Cukup pilih jangka waktunya, mau seminggu, sebulan, atau bahkan setahun. Tinggal lihat aja siapa yang bisa nabung paling banyak di akhir tantangan. Pilih juga syarat dan hadiah sebelum tantangan dimulai. Tantangan tabungan kompetitif ini ngelibatin temen-temen deketmu, ngebantu kalian tetep termotivasi buat nabung, ditambah lagi jadi cara buat ningkatin keuanganmu bareng temen-temen terdeketmu.


Gimana, udah siap belum, buat ningkatin keuangan bareng temen-temen terdeketmu?


14 views0 comments

Recent Posts

See All